Artikel

Pembinaan Guru Full-Employment dan Guru Tetap di Lingkungan YP PGII Bandung

    Dibaca 62 kali

Pembinaan yang dilakukan secara bertahap dan terus menerus akan meningkatkan kemampuan professional para guru sehingga mutu pembelajaran dapat ditingkatkan. Hal ini menjadi salah satu dasar YP PGII Bandung dalam menyelenggarakan kegiatan pembinaan bagi guru full employment dan guru tetap di lingkungan YP PGII Bandung.

 

kegiatan pembinaan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Mei 2024 yang di hadiri oleh pengurus yayasan, guru full employment dan guru tetap. Kegiatan ini mengambil tema "Guru Professional Mewujudkan PGII Hebat" , berisi pengarahan dan evaluasi dari Pembina dan pengurus Yayasan terhadap kinerja guru full employment dan guru tetap setahun sebelumnya. Pada kegiatan ini di serahkan hasil "Teaching Audit" guru full employment dan guru tetap kepada masing-masing pimpinan unit untuk menjadi bahan evaluasi terhadap para guru.

 

Ketua Yayasan PGII Bandung, Drs. Lili Asmili dalam kesempatan berbeda pernah mengungkapkan bahwa profil Sumber Daya Manusia (SDM) PGII yang diharapkan adalah sebagai berikut :

  1. Muslim yang taat
  2. Ikhlas dalam berkarya
  3. Segala tujuan akhirnya “Mardhatillah”
  4. Ulet dan Cekatan
  5. Menjungjung tinggi profesi dan kode etik
  6. Disiplin dan Tangguh
  7. Profesional
  8. Melek Teknologi
  9. Amanah dan Bertanggung Jawab
  10. Jujur, Terbuka dan Memiliki Loyalitas yang Tinggi

 

Sekretaris Yayasan PGII Bandung, Dr.Mohamad Erihadiana, M.Pd, mengungkapkan karakteristik yang harus dimiliki oleh guru hebat dilingkungan YP PGII adalah :
1. Planner

  • Guru memiliki program kerja pribadi yang jelas, program kerja tersebut tidak hanya berupa program rutin.
  • Guru harus merencanakan bagaimana setiap pembelajaran yang dilakukan berhasil maksimal,dan tentunya rencana yang dilakukan harus sudah terprogram secara baik

2. Inovator

  • Memiliki kemauan untuk melakukan pembaharuan berkenaan dengan pola atau model pembelajaran, termasuk di dalamnya metode mengajar, media pembelajaran, sistem dan alat evaluasi, serta nurturant effect lainnya.
  • Secara individu maupun bersama-sama mampu untuk mengubah pola lama, yang selama ini tidak memberikan hasil maksimal, dengan mengubah kepada pola baru pembelajaran, maka akan berdampak kepada hasil yang lebih maksimal. 

3. Capable personal

  • Guru diharapkan memiliki pengetahuan, kecakapan dan keterampilan serta sikap yang lebih mantap dan memadai sehinga mampu mengola proses pembelajaran secara efektif

4. Developer

  • Guru mau untuk terus mengembangkan diri, dan menularkan kemampuan dan keterampilan kepada anak didiknya dan untuk semua orang. Guru masa depan haus akan menimba keterampilan, dan bersikap peka terhadap perkembangan IPTEKS, misalnya mampu dan terampil mendayagunakan komputer, internet, dan berbagai model pembelajaran multi media.

Semoga dengan kegiatan ini bisa mendorong peningkatan kemampuan para guru dilingkungan YP PGII Bandung  dalam rangka menuju PGII HEBAT.