Artikel

Teaching Audit 2024 Untuk Guru tetap dan Full Employment YP PGII Bandung

    Dibaca 135 kali

Menjaga mutu dan kualitas proses pembelajaran selalu menjadi poin utama untuk menjaga kredibilitas sebuah lembaga pendidikan. Hal tersebut menyebabkan setiap lembaga pendidikan selalu mengupayakan yang terbaik agar mutu lembaganya tetap terjaga. Salah satu upaya untuk menjaga kualitas dan mutu tersebut adalah dengan evaluasi dan peningkatan profesionalitas secara berkala dan berkelanjutan terhadap semua aspek yang terlibat dalam menentukan  hasil akhir.

Berdasarkan hall tersebut Yayasan Pendidikan PGII Bandung mengadakan kegiatan teaching audit terhadap guru tetap dan full employment di semua unit sekolah yang di milikinya yang terdiri dari SMP PGII 1, SMA PGII 1, SMP PGII 2 dan SMA PGII 2 Bandung.

 

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 29-31 Januari 2024 untuk kampus Panatayuda dan 1-2 Februari 2024 untuk kampus Pahlawan. Guru yang devaluasi sebanyak 51 orang, dari 4 unit sekolah yang terdiri dari guru tetap dan guru full employment. Kegiatan teaching audit ini meliputi 6(aspek) yaitu :

  1. Spiritual
  2. Profesional
  3. Pedagogik
  4. Kepribadian
  5. Sosial
  6. Penilaian

Pada kegiatan teaching audit ini, penilaian dilakukan oleh para siswa dikelas yang di ajar oleh masing-masing guru. Setiap guru dinlai oleh minimal 30 siswa dari perwakilan semua kelas yang diajarnya. Kegiatan ini melibatkan siswa sebanyak 1624 orang dengan 51 guru yang dievaluasi.  Peserta didik memberikan penilaian dengan objektif dan dilaksanakan secara online melalui perangkat smart phone yang mereka miliki. Penilaian dilakukan menggunakan aplikasi PGII Smart School yang sudah dikembangkan oleh YP PGII. Hasil penilaian bisa dipantau secara realtime  dengan format lembar laporan yang sudah di tetapkan.

 

Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan gambaran  kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh masing-masing guru selama ini. Hasil kegiatan ini akan menjadi bahan evaluasi untuk yayasan dan khususnya setiap unit sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran pada masa yang akan datang.

 

Dalam rapat kerja tahunan 2022/2023 Pimpinan Yayasan PGII pernah memaparkan mengenai guru hebat yang di harapkan diantaranya memliki karakteristik  : 

  1. Guru yang hebat menjadikan semua topik menarik
  2. Guru itu hebat karena Kreatif dan Inovatif
  3. Guru yang hebat melayani siswa secara individual
  4. Guru yang hebat mengetahui cara menata perilaku siswa
  5. Guru yang hebat adalah juga pembelajar
  6. Guru yang hebat mengajar dalam konteks dengan contoh nyata
  7. Guru yang hebat memiliki standar tinggi
  8. Guru yang hebat bersikap supportif/mendukung siswa
  9. Guru yang hebat memiliki kematangan emosi
  10. Guru yang hebat memperjuangkan kesamaan hak siswa 

Semoga hasil teaching audit ini bisa menjadi bahan evaluasi yang baik untuk proses pembelajaran pada masa yang akan datang dalam rangkat mewujudkan PGII HEBAT.